Soal
Padagogik PPG 2023
Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal
Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2022 selaku upaya buat mengidentifikasi
capaian kompetensi dini peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Hasil
pretest tersebut nantinya bakal digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi
guru buat Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan( PKB). dibawah ini
adalah soal dan juga jawaban pretest Pendidikan
Profesi Guru (PPG) selamat belajar.
1. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan
mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek...
A. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E. berkomunikasi pada peserta didik
2. Teori ini memandang belajar sebagai hasil
dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan
dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah....
a. Behaviorisme
b. Kognitif
c. Humanistik
d. Sibernetik
e. Kontruktivisme
3 Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat
dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan
keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar.....
A. Sibernetik
B. Kognitif
C. Humannistik
D. Behaviorisme
E. Konstruktivisme
4. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta
didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam....
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL E. Lembar penilaian
5 Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu
bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai
rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar.
B. Silabus bersumber dari standar isi dan
standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim
guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci
6 Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah....
A. Role Playing
B. Inquiry Learning
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
E. Kontektual
7 Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan
agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari
sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan...
A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Meningkatkan motivasi
8 Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar
yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga
kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi
kesulitan belajar demikian yaitu....
A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah
terhadap prestasi belajar
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya
secara rasional
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan
antar siswa didalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau
memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal.
9 Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
E. Ruang yang tersedia.
10. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi
belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi
belajar rendah karena....
A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana
belajar yang lengkap.
B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.
E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
11. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat
menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam
pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait
dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah...
A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajarang dengan media
C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
12. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan
sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut
yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
TIK
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya
D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu
kegiatanpembelajaran
E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak
merepotkan.
13 Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat
kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi
media pada pernyataan tersebut adalah....
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Menampilkan obyek yang sulit diamati
C. Membuat konkrit konsep yang abstrak
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam
lingkungan belajar
14. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah
sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru
berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a
guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang
mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang
dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran....
A. Projek based learning
B. Kontektual
C. Discovery Learning
D. Problem Based Learning
E. Inquiry learning
15. Seorang guru melaksanakan pembelajaran
yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan
tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai
macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan
implementasi strategi pembelajaran ....
A. Project based learning
B. Inquiry learning
C. Discovery learning
D. Kooperatif
E. Problem based learning
Demikianlah soal dan jawaban pretes Pendidikan
Profesi Guru (PPG) semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya jangan lupa
saling berbagi supaya ilmunya tambah bermanfaat Amin
0 Comments:
Posting Komentar