Pilihlah jawaban yang paling Benar!
1. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat
berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas
merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan,
penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna
bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard
Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat
melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)
4. Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode
criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced
adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0
atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus
tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah
lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa
yang mengalami gejala terparah (yang nilainya jauh dibawah siswa penderita
kesulitan belajar)
5. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus
...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran
yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran
6. Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan
menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target)
yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang
memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni
perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria
dan ukuran baku keberhasilan
7. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL
berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan
kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang
terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa
faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9. Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik,
Artinya yaitu……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk ,
dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang
harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip
akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata
pelajaran
10. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan
melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan
kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia
usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan
prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki
posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang
beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia,
sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis
serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip
pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara
……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat
penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang
dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan
belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat
variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
14. Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil
belajar peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap
menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan
tugas di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian
diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun
instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17. Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa
kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan,
kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18. Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali
;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap
19. Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk
menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20. Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap
kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi
tertentu sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan
kelompok tersbut tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi
pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)
21. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga
fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk
mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani
memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan
gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari
pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki
kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
23. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat
dalam upaya guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar
antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang
diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
25. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah
perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak
berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau
tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa
tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya
28. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali,
berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau
kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32. Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses
belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap
siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses
refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses belajar mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru
35. Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang
yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan
interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka
lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik
berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa.
Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka
menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk
komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36. Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak
beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu
seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial
dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta
digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan
bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal
komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38. Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau
pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang
berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang
digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa
Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
40. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks
pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa
Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan
41. Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika
adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning
42. Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia
bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin.
Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya,
bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan
licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya,
simak ya....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43. Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............
A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
44. Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
45. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan
kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46. Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas
kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku –
suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita
sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi
kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan
adalah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47. Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48. Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka
naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan
perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk
hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50. 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari
akan menyilaukan mata.
2. Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3. Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.
4. Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
51. Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52. Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53. Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54. Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil
bergurau. Mereka adalah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung
Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri
kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo
memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang
merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak
indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu,
burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan
kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui
teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan
ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung
Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka
bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu,
dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
A. Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55. Perhatikan cuplikan dialog berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama
persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.” Chelsea : “ Saya juga
mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban
ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke
ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak
mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan
tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57. Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1,
jika f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a =-3
B. a =-3 atau a = 3
C. a =-3 atau a =-3
D. a = 3 atau a = 3
58. C
59. Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper
dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu
sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61. Nugraha membeli 3kg jeruk
dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg
mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan
5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000
62.
JIka
besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120
63. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1. mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2. mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3. mempunyai sudut siku-siku
4. mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5. mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah ini adalah ….
B
65. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
66. Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10,
7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
67. Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di
halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang sampai di pasar
ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A.17
B.15
C.13
D.11
68. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang
lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69. Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110
dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut adalah ….
A.308
B.318
C.326
D.344
70. Bonus, jawabannya A
71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan
U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048
C. 2047
B. 2049
D. 2046
72. Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi pengukuran. Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20
sampai dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume
air dalam bak mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi Statistika. Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7
siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya
menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah ….
A. 9,10
B. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika. Dari pernyataan berikut ini,
manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukan ibukota RI
B. Jakarta adalah ibukota RI
C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI
75. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan. Bu Ani ingin
mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan
(satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani dalam
Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76. Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran
Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan
meter. Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77. Menentukan alat ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran
Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah
skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau
penggaris, maka ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A. 0,05 cm
C. 0,1 cm
B. 0,01 cm
D. 1 cm
78. Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta
dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut.
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau memberikan
pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai
pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya,
terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu
persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa
tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun
tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu,
membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu
Fitri adalah
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran
karena guru kurang memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79. Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus contoh
Hari selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan materi pada anak-
anak tentang silsilah keluarga. Waktu pelajaran adalah 2 x 35 menit.
Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan
pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak, punya.”
Jawab semua siswa serentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja
yang dirumah kalian yang masuk dalam
anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak
mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto
melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak
Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “
apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah
bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “
tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak
sunarto yakin, pasti nialai anak- anak
memuaskan karena anak- anak berhasil
menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama
dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada
bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi
ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya
di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah
dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
80. Membedakan pengertian IPS dan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya,
sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior,
attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya,
sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior,
attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang
menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan
Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81. Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan
Kesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82. Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa
mendatang
C. Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam
kehidupan ber masyarakat pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang
83. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa.
Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan
merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari
masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman peserta didik
terhadap landasan sikap yang akan
ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar
dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan
sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
84. Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia.
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85. Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan
soal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan
kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan
tidak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep
antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86. Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari.
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi,
Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan
di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman
dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman
87. Menggali pengalaman butir-butir Pancasila.
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana
kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . .
.
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88. Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan kasus salah satu
suku bangsa di Indonesia).
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya.
Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan
budaya nasional. Berikutciri-ciri salah satu suku yang ada di pulauJawa :
- Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi
- Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki
- Larangan menggunakan alat elektronik
- Pintu rumah harus menghadap utara/selatan Suku tersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89. Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus)
Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu
timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia
adalah . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90. Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan
Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah
diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak
Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91. Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan
tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
92. Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya,
bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman
Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal
tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94. Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi
kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum
dimanfaatkan karena berbagai keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi
sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapatkan
pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95. Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan
lingkungan buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama
yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam
96. Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang
melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah
ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98. Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase
berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99. Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah dengan melakukan
reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100. Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal
yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
Semoga bermanfaat..
1 Comments:
Terimakasih atas partisipasinya.
Posting Komentar